Kamis, 27 Januari 2011

Awas, Worm Tunggangi Twitter


14.20 |

Lagi-lagi Twitter jadi kendaraan worm jahat. Kejahatan maya kali ini mengeksploitasi layanan penyingkat URL dan link dari layanan Google, goo.gl.

Peringatan ancaman keamanan yang datang dari Kaspersky Lab ini menyebutkan bahwa para hackermemanfaatkan URL singkat untuk mendorong pengguna Twitter masuk ke halaman web antivirus palsu. Nicolas Brulez, peneliti malware Kaspersky Lab, menemukan bahwa di situs web itu pengguna akan menerima peringatan bahwa komputernya menjalankan aplikasi yang mencurigakan.
Bisa diduga kelanjutannya adalah pengguna diajak mengunduh aplikasi antivirus palsu bernama Security Shield. Seperti biasa, alih-alih mengunduh anti virus penghapus kejahatan, pengguna justru tanpa sadar “menanam” program jahat di komputernya. Brulez menemukan ada ribuan pesan Twitter yang terus menebar worm ini di antara jutaan pengguna Twitter
Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan fitur inbuilt heuristic analyzeryang ada di produk-produk keamanan Kaspersky Lab. Meski begitu, Kaspersky mengingatkan para pengguna Twitter untuk tidak sebarangan mengklik link yang disisipkan dalam pesan Twitter.
URL singkat termasuk salah satu pintu kejahatan maya yang perlu diwaspadai. Pasalnya teks pada URL singkat ini tidak jelas. Ditambah lagi kepandaian hacker mengaturnya sedemkian rupa agar pengguna tertarik mengklik link tersebut.


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar